Bantu KPU, Kemenkominfo Siapkan Sarana untuk Pemilu 2024

Wed, Nov 23, 2022 10:23 AM
By Mona - Bersamamedia
News Article

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) akan menyiapkan semua sarana prasarana yang dibutuhkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Bantua ofn ini terkait penyelenggaraan Pemilu 2024.

Bantuan ini dimulai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman dengan KPU RI. “Nota Kesepahaman ini wujud konkret pemerintah berikan dukungan sepenuhnya kepada penyelenggara pemilu, apakah itu KPU, Bawaslu atau DKPP,” kata Menkominfo, Johnny G. Plate di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2022).

Johnny menyampaikan, dengan kerja sama semua pihak, Pemilu Serentak 2024 mendatang pasti akan berjalan dengan lancar. “Kita meyakini pemilu kita ada di tangan-tangan hebat dan berpengalaman, baik pusat maupun daerah, di DKPP dan Bawaslu, dan perangkat-perangkat lanjutannya,” ujarnya.

Johnny mengatakan, Kemenkominfo dalam Pemilu 2024 sebagai pemangku kepentingan menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas untuk kerja sama tersebut. “Langkah konkret kami baru saja tadi melalui penandatanganan Nota Kesepahaman tadi, yang berkaitan dengan pertukaran data dan informasi yang beretika, yang aman dan bertanggung jawab," katanya.

Selain pertukaran data dan informasi, Johnny menambahkan, pihaknya bersama KPU juga akan melakukan kerja sama pengembangan konten bidang IT. “Di Kominfo ada surveillance system yang bisa membaca numerical dan alphabetical, tapi lagi-lagi harus dia memenuhi standar etika, hukum dan mengikuti prosedur,” ucapnya.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.