BI dan Menaker Kerja Sama Tingkatkan SDM Sistem Pembayaran

Sat, Nov 19, 2022 7:03 AM
By Mona - Bersamamedia
News Article

Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Ketenagakerjaan RI meluncurkan hasil kaji ulang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Yaitu di bidang Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah (SPPUR) tahun 2022. 

Standar ini akan diberlakukan di seluruh level jabatan SDM SPPUR, baik Bank dan Lembaga Selain Bank. Hal itu disampaikan Deputi Gubernur BI Juda Agung dalam acara serah terima SKKNI dari Kemnaker kepada BI di Semarang, Jumat (18/11/2022).

"BI telah berinisiatif meningkatkan kompetensi SDM di bidang SPPUR melalui regulasi sejak 5 tahun silam. Tujuannya mencegah terjadinya kendala, kesalahan atau kegagalan di ekosistem SPPUR yang berperan besar dalam perekonomian," ujarnya. 

Menurut Juda, BI beruapaya agar 100 persen dari SDM SPPUR dapat memenuhi standar tersebut. Standar di bidang SPPUR ini juga diharapkan menjadi acuan dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM.

Semantara itu, Dirjen Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker Budi Hartawan mendukung langkah BI tersebut. Untuk itu, Kemenaker siap bersinergi dan berkordinasi dengan BI dalam meningkatkan kompetensi SDM di bidang SPPUR.

Dengan adanya pelaku industri sistem pembayaran berkualitas, berdasarkan kompetensi kerja, diharapan pelaksanaan sistem pembayaran semakin berkualitas. Terutama dapat menangkal serangan siber dano Anti Pencucian Uang serta Pencegahan Pendanaan terorisme.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.