BI Proyeksikan Permintaan Kredit Meningkat pada Triwulan IV

Mon, Nov 21, 2022 4:18 PM
By Mona - Bersamamedia
News Article

Permintaan pembiayaan korporasi yang tumbuh positif pada Oktober 2022 meningkatkan pula penyaluran kredit baru oleh perbankan. Hal itu terlihat pada Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 14,4 persen.

Demikian hasil survei mengenai permintaan dan penawaran pembiayaan perbankan pada Oktober 2022 yang dilakukan Bank Indonesia (BI). Menurut Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, kebutuhan pembiayaan itu mayoritas masih dipenuhi dari dana sendiri.

"Selain itu juga oleh pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik dan dan pinjaman atau utang dari perusahaan induk," katanya, Senin (21/11/2022). Tak ketinggalan tentunya penambahan kredit baru ke perbankan dalam negeri.

Pertumbuhan penyaluran kredit baru oleh perbankan bisa terlhat dari SBT-nya pada Oktober 2022 sebesar 32,8 persen. Faktor pendukungnya antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, persaingan usaha perbankan, serta prospek ekonomi dan moneter ke depan.

Survei BI juga menunjukkan penawaran kredit baru pada triwulan IV-2022 diperkirakan meningkat dibandingkan periode sebelumnya. Nilai SBT penyaluran kredit diprediksi mencapai 92,2 persen, lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya yang sebesar 84,5 persen. 

Di sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru juga tumbuh positif pada Oktober 2022. Meski menurun dibandingkan periode sebelumnya, bank umum tetap menjadi sumber utama penambahan pembiayaan dengan jenis kredit multiguna. 

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.