BMKG Berperan Penting Wujudkan Ketahanan Pangan

Mon, Aug 8, 2022 12:24 PM
By Noer - Bersamamedia
News Article

Peran Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam mewujudkan ketahanan serta mencegah kerawanan pangan sangatlah penting. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan menekankan itu dalam rakornas BMKG secara virtual, Senin (8/8/2022). 

"Layanan BMKG dapat mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan. Ini terkait monitoring, prediksi, dan peningkatan dini cuaca, iklim ekstrem," katanya. 

Bukan hanya di pertanian, lanjutnya, infomasi cuaca BMKG juga sangat dibutuhkan di bidang perikanan. "Layanan informasi agroklimat cuaca maritim dan peningkatan literasi End User bagi petani dan nelayan ini benar-benar sangat diperlukan," ujarnya. 

Diharapkannya, dengan informasi yang disampaikan BMKG, produksi pangan dapat kembali meningkat. Sebab sekarang ini masih ada di titik yang belum stabil.

"Ketahanan pangan Indonesia tahun 2021 melemah dibandingkan tahun sebelumnya. Skor indeks ketahanan pangan Indonesia 2020 mencapai 61,4 tahun 2021 indeksnya turun menjadi 59,2. Ini perlu menjadi perhatian kita semua," ucap Menko Luhut.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.