BPUM adalah bantuan dari pemerintah dalam bentuk uang yan"> BPUM Oleh Bank BNI Yang Bekerjasama Dengan Diskoperindag Bondowoso Siap Pindahkan Tempat Penyaluran Bantuan | Bersama Media Bersama Media | Berita Terkini dan Anti Hoax

BPUM Oleh Bank BNI Yang Bekerjasama Dengan Diskoperindag Bondowoso Siap Pindahkan Tempat Penyaluran Bantuan

Mon, May 3, 2021 3:26 PM
By Pratiwi Radio Informasi - Bersamamedia
News Article

Bondowoso,- BPUM adalah bantuan dari pemerintah dalam bentuk uang yang diberikan kepada pelaku usaha mikro yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Syaratnya, pelaku UMKM memiliki surat keterangan usaha (SKU) dari desa maupun kelurahan tempat UMKM berada. Kepanjangan BPUM adalah Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro.

Beberapa hari yang Jum'at 30/4/21 bertempat di Shaba Bina Praja dilaksanakan Kordinasi Penyaluran Bantuan Bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) oleh Bank BNI yang bekerjasama dengan Diskoperindag Bondowoso siap pindahkan tempat penyaluran bantuan

Wakil Bupati Bondowoso H.Irwan bachtiar Rachmat SE, M.Si mengatakan, mekanisme dari kegiatan BPUM ini nantinya dipecah ditiap-tiap kecamatan karena jangan sampai menimbulkan kerumunan lagi di tengah pandemi Covid-19.

“Kalau kemarin-kemarin pencairan kan berpusat di Bank BNI kota yang pada ahirnya menimbulkan kerumunan dan untuk teknis sekarang bagaimana cara supaya tidak menimbulkan kerumunan lagi, pastinya ada pemecahan dan pembagian wilayah-wilayah tersendiri. Nanti akan di optimalkan di kantor-kantor Kecamatan di seluruh Kabupaten Bondowoso. Sehingga tidak terpusat di BNI saja dan tidak lagi menimbulkan kerumunan,” ungkap Wabup.

Edi (Bagian Pengelola Administrasi Diskoperindag Bondowoso) mengatakan, ini merupakan acara dari Bank BNI dan nasabah PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM yang sudah di sepakati pengurusannya untuk penerima bantuan mulai sekarang ke setiap Kecamatan-Kecamatan.

“Hasil kordinasi untuk selanjutnya akan dicairkan di setiap Kecamatan-Kecamatan, sekitaran ada 16 kecamatan. Untuk pengambilan bantuan di Bank BNI kota sudah terdata dan sisanya bisa di ambil di kecamatan-kecamatan masing-masing. Nanti petugas BNI sendiri yang turun langsung ke kecamatan-kecamatan terkait penanganannya,” kata Edi.

Edi menambahkan, kegiatan kordinasi ini hanya untuk menandatangani SPJM (Sistem Pertanggung Jawaban Mutlak). Pihak Diskoperindag hanya membantu khusus penyalurannya  dan membantu memfasilitasi saja.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.