Dua Gol Telat Menangkan Belanda atas Senegal

Tue, Nov 22, 2022 5:08 AM
By Noer - Bersamamedia
News Article

Belanda berhasil mengawali perjalanan di Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 2-0 atas Senegal. Dua gol di akhir babak kedua menangkan Belanda di Al-Thumama Stadium, Doha, Senin (21/11/2022) malam WIB.

Belanda terlihat kesulitan untuk menembus pertahanan Senegal pada laga kali ini. De Oranje baru berhasil mencetak dua gol di babak kedua untuk menutup laga dengan kemenangan 2-0 atas Senegal. Adapun kedua gol Belanda dicetak oleh Cody Gakpo pada menit ke-84 dan Davy Klaassen di menit ke-94.

Kemenangan ini membuat Belanda untuk sementara berada di puncak klasemen Grup A dengan 3 poin. Mereka memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Ekuador yang sebelumnya mengalahkan Qatar 2-0.

Meski tampil tanpa bintang mereka, Sadio Mane, Senegal justru tampil lebih berbahaya ketimbang Belanda pada pertandingan ini. Mereka memperoleh peluang bersih di menit ke-9. Ismaila Sarr mendapat ruang tembak bebas di luar kotak penalti Belanda, namun sepakan jarak jauhnya melambung di atas gawang Andries Noppert.

Belanda balas mengancam di menit ke-17. Umpan silang Cody Gakpo dari sisi kanan berhasil disambut Daley Blind di kotak penalti Senegal, tapi sundulannya melebar di samping kiri gawang yang dijaga Edouard Mendy.

Virgil van Dijk memiliki kans mencetak gol di menit ke-27 usai menanduk bola hasil sepak pojok, namun arahnya melebar dari sasaran. Hasil serupa dialami Krepin Diatta saat melepaskan tembakan jarak jauh ke gawang Belanda pada menit ke-29.

Serangan yang dibangun dengan rapi oleh Belanda pada menit ke-40 diakhiri dengan tembakan Steven Berghuis di tepi kotak penalti, tetapi bola melambung tipis di atas gawang Mendy. Skor 0-0 menutup babak pertama.

Usai turun minum, kedua tim masih bermain alot di babak kedua. Baik Senegal maupun Belanda sama-sama kesulitan menciptakan peluang berbahaya.

Upaya keras Belanda meladeni perlawanan Senegal membuahkan hasil pada menit 84. Umpan Frenkie De Jong disambar dengan manis oleh Cody Gakpo, Tim Oranye pun unggul 1-0.

Senegal nyaris menyamakan kedudukan pada menit 86 melalui tembakan Pape Gueye. Namun lagi-lagi Andries Noppert melakukan penyelamatan heroik.

Belanda membunuh laga kala laga memasuki menit injury time. Davy Klaassen membobol gawang Senegal melalui sambaran bola rebound di menit 94.

Skor 2-0 untuk Belanda pun bertahan hingga laga berakhir. Belanda pun meraih poin penuh di laga perdana.

Susunan pemain

Senegal: Edouard Mendy, Koulibaly, Cisse, Idrissa Gueye, Nampalys Mendy, Kouyate (Pape Gueye 73'), Boulaye Dia (Bamba Dieng 69'), Diatta (Jackson 74'), Sarr, Sabaly, Diallo (Jakobs 62').

Belanda: Noppert, De Ligt, Van Dijk, Ake, Bergwijn (Klaassen 79'), Gakpo (De Roon (90+4'), Berghuis (Koopmeiners 79'), Blind, Janssen (Depay 62'), De Jong, Dumfries

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.