Jumat Agung, 5.590 Personel Gabungan Amankan 833 Gereja di Jakarta

Fri, Apr 2, 2021 8:17 AM
By Noer - Bersamamedia
News Article

TNI dan Polri mengerahkan 5.590 personel gabungan untuk melakukan pengamanan ibadah Jumat Agung hingga Paskah, di 833 gereja, di Jakarta. Personel TNI-Polri juga akan berkoordinasi dengan pengaman internal agar ibadah dapat berjalan dengan aman dan kondusif

"Pada Jumat Agung besok ini, di wilayah hukum Polda Metro Jaya ada 833 gereja melaksanakan ibadah. Dari 13 Polres yang ada, kekuatan yang kita turunkan sekitar 5.590 personel baik itu Polres maupun dari Polda. Nanti di-backup oleh teman-teman dari TNI juga untuk mengamankan semuanya," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus, Kamis (1/4/21).

Dikatakan Yusri, ada skala prioritas yang diterapkan bergantung dari situasi dan jumlah jemaat setiap gereja. Ada empat gereja besar seperti Gereja Katedral, GPIB Immanuel, HKBP Petojo Grogol, dan Gereja Santo Petrus & Paulus Petamburan, yang menjadi skala prioritas.

"Jadi kita libatkan masing-masing gereja 155 personel. Nanti juga ada beberapa pengamanan internal gereja sendiri," ungkapnya.

Yusri menyampaikan, setiap gereja sudah diatur bagaimana standard operasional prosedur (SOP) pelaksanaan ibadah dan pengamanannya.

"Contoh Gereja Katedral harus terdaftar dulu secara online, lalu memakai barcode. Nah ini tidak terlalu mempersulit kami,
ini juga memperketat pengamanan di sana, bersama-sama kami mengamankan di sana. Sudah ada masing-masing gereja mengeluarkan SOP untuk peribadatan sehingga harus ditaati oleh para umat yang akan melaksanakan kegiatan di gereja tersebut," katanya.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.