KKP Amankan Tujuh Pelaku Bom Ikan di Perairan Takalar

Sun, Aug 1, 2021 8:42 AM
By Noer - Bersamamedia
News Article

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap tujuh orang nelayan pelaku pengeboman ikan di wilayah perairan Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan. Penangkapan tersebut dilakukan sebagai upaya memberantas praktik penangkapan ikan dengan merusak (destructive fishing).

“Tujuh orang pelaku pengeboman ikan sudah diamankan dari wilayah perairan Takalar,” kata Plt. Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan KKP Antam Novambar , Sabtu (31/7/2021).

Antam mengatakan ketujuh pelaku masing-masing berinisial SY, SH, MT, MR, DG, GM, MH. Mereka ditangkap pada Kamis (29/7) oleh Tim Patroli Pengawas Perikanan Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Takalar.

Selain tujuh nelayan itu, Tim PSDKP KKP juga mengamankan barang bukti berupa perahu, kompresor dan hasil tangkapan. “Pemeriksaan lanjutan sedang dijalankan dan kasus ini akan ditangani oleh PPNS Perikanan pada Pangkalan PSDKP Bitung,” tutur Antam.

Direktur Pengawasan Sumber Daya Kelautan KKP Halid K. Jusuf menyampaikan bahwa selain menerapkan penegakan hukum, pihaknya juga terus mendorong langkah-langkah preventif dalam penanganan kasus-kasus destructive fishing, di antaranya dengan melakukan kampanye dan sosialisasi di lokasi rawan, serta terus memperkuat sinergi dengan pemerintah daerah dan aparat penegak hukum lainnya.

“Pendekatan yang kami kedepankan adalah pencegahan dengan cara memberi pemahaman. Tapi jika hal itu tetap diabaikan maka kami dan aparat penegak hukum lainnya akan mengambil langkah tegas,” ujar Halid. 

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.