Kronologi Ribuan Ikan Naik ke Daratan Kepulauan Seribu

Mon, Dec 5, 2022 9:47 AM
By Mona - Bersamamedia
News Article

Sebuah video beredar luas di jejaring pesan singkat WhatsApp yang menampilkan sekitar ribuan ikan laut berukuran sedang naik ke daratan. Hal ini terjadi di salah satu pulau yang ada di wilayah Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta.

Berdasarkan video yang berdurasi 30 detik ini dikabarkan terjadi di Pulau Onrust, Kepulauan Seribu. Dari video terlihat ikan-ikan melompat dari lautan dan memenuhi dermaga. 

Warga yang merekam video tersebut mengarahkan kameranya ke arah dermaga yang sudah dipenuhi ikan-ikan. "Waduh, panen, panen, panen!,” kata si perekam video seperti dikutip, Senin (5/12/2022). 

Fenomena ribuan ikan menepi ke daratan juga terjadi di sekitar Pantai Mutiara, dekat Apartemen Regatta, Jakarta Utara. Peristiwa itu terjadi pada Selasa (29/11/2022).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, membenarkan tentang kejadian tersebut. Menurut Endra dalam keterangannya, fenomena banyak ikan menepi ke daratan diperkirakan karena adanya perubahan iklim di laut.

Sementara, Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Utara telah meninjau lokasi dan mengambil sampel air laut. Hal ini untuk memastikan fenomena penyebab naiknya ratusan ikan ke permukaan pantai di wilayah Kepulauan Seribu dan Jakarta Utara. 

Kepala Sudin KPKP Jakarta Utara, Unang Rustanto mengatakan, bahwa pihaknya juga telah memantau di kawasan pantai Pulau Onrust, Pulau Cipir, Pulau G, Pulau N, dan wilayah Penjaringan. Hasilnya, mereka tidak menemukan kumpulan ikan mati di lokasi tersebut.

"Dari hasil peninjauan diketahui, kebanyakan ikan tersebut merupakan jenis ikan tembang," kata Unang dikutip dari rilis resminya. Namun, Unang belum dapat memastikan penyebab dari fenomena tersebut.

“Kami belum bisa memastikan penyebabnya. Tim gabungan sudah mengecek ke lokasi dan mengambil sampel air serta ikan,” ujar Unang.

Menurutnya, kesimpulan pemicu terjadinya fenomena ini baru bisa diketahui setelah adanya hasil penelitian lebih lanjut. Unang juga meminta masyarakat untuk tidak panik dan menunggu kepastian penyebab fenomena yang terjadi. 

Ia menuturkan, bisa saja penyebab ikan naik ke daratan lantaran proses oksigenisasi yang menyebabkan ikan-ikan berenang ke kawasan pesisir. Kemudian, kata Unang, bisa juga fenomena itu disebabkan oleh pertumbuhan alga. 

Sebab, saat tim melakukan pemantauan ke lapangan, didapati kondisi air tampak berwarna hijau dan diperkirakan kondisi demikian sudah terjadi sejak Minggu (27/11). “Tapi untuk kepastiannya kita tunggu hasil penelitian laboratorium dari sampel yang sudah diambil,” kata Unang.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.