Mengukur Kekuatan Kirgistan, Lawan Indonesia di Asian Games

Tue, Sep 19, 2023 7:06 AM
By Noer - Bersamamedia
News Article

Timnas Indonesia U-24 akan menghadapi Kirgistan U-24 pada pertandingan pertama cabor sepak bola ajang Asian Games 2022, Selasa (19/9/2023). Wakil dari Asia Tengah itu menjadi salah satu kekuatan misterius yang akan dihadapi anak asuh Indra Sjafri.

Kirgistan bukan lawan yang mudah, tetapi juga tidak bisa dibilang sebagai lawan yang sulit. Secara rekor pertemuan, tim kelompok umur Indonesia dan Kirgistan baru bertarung satu kali pada 2017.

Dalam pertandingan bertajuk uji coba internasional itu Kirgistan mampu mengalahkan Indonesia dengan skor tipis 1-0. Namun hasil pertandingan tersebut tak bisa dijadikan acuan untuk duel kedua tim di Asian Games 2023 nanti.

Apabila menilik rekam jejak Kirgistan di ajang Asian Games, sebetulnya tak ada banyak prestasi yang bisa dibanggakan. Sebab, Kirgistan bukanlah kontestan yang bisa diperhitungkan di kancah Asia.

Setidaknya, dari tiga edisi Asian Games terakhir, yaitu pada 2010, 2014, dan 2018, Kirgistan tak pernah bisa lolos dari fase grup. Pasalnya, tak ada satu pun kemenangan yang berhasil diraih Kirgistan di tiga ajang terakhir Asian Games tersebut.

Dalam daftar pemain yang dikeluarkan Federasi Sepak Bola Kirgistan (KFU), terdapat 20 pemain yang tampil di Asian Games 2022. Kirgistan U-24 menurunkan pemain yang tak jauh berbeda dengan skuad pada Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, dua pekan lalu.

Sebagian besar pemain yang dibawa Kirgistan di ajang internasional memang berasal dari kompetisi domestik. Beberapa klub penyumbang terbanyak ialah Dordoi Bishkek, Ilbirs Bishkek, hingga Alay Osh FC.

Sebetulnya, mereka punya dua pemain yang saat ini berkarier di luar negeri. Eldiyar Zarybekov berkarier di Rusia bersama Chayka Peschanokopskoye, dan Arsen Sharshenbekov berkarier bersama Alania Vladikavkaz.

Rizky Ridho Ramadhani dan kawan-kawan patut waspada dengan kemampuan Kirgistan demi melangkah lebih jauh di Asian Games. Kirgistan akan menjadi ujian pertama yang bakal menentukan langkah Indonesia dalam menyejajarkan diri dengan kekuatan lain dari Asia.

Di atas kertas, Indonesia memiliki kans melangkah ke fase gugur. Berdasarkan pot unggulan pada drawing grup Asian Games, lawan terberat yang akan ditemui tim Garuda adalah Korea Utara.

Indonesia juga sedang berada dalam tren positif setelah mencatatkan empat kemenangan dari lima pertandingan terakhir. Tim Merah Putih juga sukses menyabet medali emas SEA Games 2023, masuk final Piala AFF U-23 2023, dan lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Sebaliknya, Kirgistan tengah berada dalam performa yang kurang bagus di lima pertandingan. Mereka hanya mampu meraih satu kali kemenangan, satu hasil imbang, dan tiga kekalahan.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.