PT PBB Tegaskan PERSIB Tak Terlibat Politik Praktis dan Bukan Kendaraan Politik Siapapun

Mon, Sep 18, 2023 11:24 PM
By Ezza - Bersamamedia
News Article

Bersamamedia.com - Manajemen Persib Bandung akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait penggunaan nama klub dalam politik praktis. Diketahui nama Persib sempat digunakan oleh salah satu pendukung bakal calon Presiden Republik Indonesia (RI).

Menindaklanjuti penggunaan nama PERSIB tersebut, perwakilan PT PERSIB Bandung Bermartabat sebagai pemiliki hak cipta merek tersebut, mengadakan pertemuan dengan perwakilan Relawan Kawan Juang GP, sebagai penanggung jawab program Persib Legend for GP yang telah menggunakan nama PERSIB dalam kampanye salah seorang bakal calon presiden.

Dilansir Bersamamedia.com dari laman resmi PERSIB, pada Senin, 18 September 2023, berikut hasil pertemuan kedua pihak;

Direktur Kreatif Relawan Kawan Juang GP, Rudi Farid Sagir telah menandantangani Berita Acara Permohonan Maaf dan Pernyataan untuk Tidak Menggunakan Nama PERSIB dalam program "PERSIB Legend for GP".

Dalam pernyataannya, pihak Relawan Kawan Juang GP mengakui telah menggunakan nama PERSIB dalam program kampanye pemenangan bakal calon presiden Republik Indonesia.

Menyadari tindakan tersebut merupakan satu kesalahan, pihak Relawan Kawan Juang GP menyatakan kesediaannya untuk mencabut dan tidak menggunakan lagi nama PERSIB dalam program/kegiatan apapun, antara lain namun tidak terbatas pada event-event olahraga, penggalangan massa, penamaan di surat atau yang sifatnya administrasi, pembuatan atau pemasangan di stiker/baliho, spanduk, pakaian atau bentuk iklan/kampanye lainnya, penempelan atau pemasangan nama PERSIB di alat transportasi seperti mobil, motor, dan sejenisnya.

Menyadari kelalaian tersebut telah merugikan nama PERSIB, pihak Relawan Kawan Juang GP pun menyampaikan permintaan maaf kepada PT PERSIB Bandung Bermartabat dan akan menyampaikannya secara terbuka di semua platform media sosial mereka.

Selain itu, Relawan Kawan Juang GP pun tidak akan menggunakan nama PERSIB di semua kegiatan mereka dan bersedia diberi sanksi dan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku apabila masih menggunakan/memasang/atau hal lain terkait penggunaan nama PERSIB.

Sedangkan pihak PERSIB Bandung Bermartabat dalam pertemuan tersebut menegaskan diri sebagai pemegang hak merek atas nama PERSIB berdasarkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2016, Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Kemudian ditegaskan pula bahwa PERSIB tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis dan nama PERSIB tidak boleh digunakan untuk kepentingan politik dalam bentuk apapun. Dengan demikian, PERSIB yang merupakan klub sepakbola profesional tidak bisa diafiliasikan dengan hal yang berbau politik dan PERSIB bukan kendaraan politik siapapun.

Comment

Leave a reply
Your email address will not be published.