Kenali Penyebab Munculnya Flek hitam di sekitar wajah dan cara mengatasinya

by -898 views

Flek hitam adalah salah satu problem kulit yang paling di takuti terutama para wanita jaman sekarang, karena dengan munculnya flek hitam di wajah pastinya sangat mengganggu penampilan setiap hari. Oleh karena itu berbagai macam cara di lakukan untuk mengatasi munculnya flek hitam terutama di bagian wajah.

Flek hitam tidak hanya muncul di bagian wajah tetapi juga di bagian kulit lainnya seperti bagian lengan, pundak,  leher  dan bagian-bagian lain yang sering terpapar sinar matahari langsung.

YUUK KENALI PENYEBAB MUNCULNYA FLEK HITAM DI KULIT

Munculnya Flek hitam pada wajah penyebabnya bermacam-macam, sebelum melakukan langkah pengobatan ada baiknya di kenali penyebabnya terlebih dahulu sehinggga proses penangngan flek hitam yang sudah terlanjur muncul di kulit dapat diatasi  dengan baik.

Berikut beberpa penyebab munculnya flek hitam:

  • Paparan sinar matahari langsung

Flek hitam bertahap akan mucul apabila kulit terlalu sering terpapar sinar matahari langsung.

Sinar UV atau Ultra Violet memicu radikal bebas di kulit yang menyebab muculnya warna kecoklatan di permukaan kulit dan apabila radikal bebas ini di biarkan akan menyebabkan terjadinya flek hitam yang serius

  • Hiperpigmentasi

Sel kulit memiliki kemampuan untuk memproduksi melanin ekstra sebagai bentuk perlindungan dari kerusakan akibat paparan sinar matahari langsung.

Namun kemampuan ini juga yang menjadi penyebab munculnya flek hitam di wajah atau biasa di sebut Hiperpigmentasi.

Produksi melanin berlebih dapat menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan memicu munculnya flek hitam atau bintik bintik hitam di wajah.

  • Penggunaan cream wajah atau kosmetik

Kandungan dari cream wajah atau kosmetik tertentu bisa menjadi penyebab flek hitam di wajah terutama yang mememiliki kandunga kandungan yang berbahaya . Hal ini disebabkan karena terdapat bahan kimia dalam kosmetik.

Bahan kimia ini dapat memicu terjadinya produksi melanin berlebihan. Beberapa bahan dalam kosmetik juga dapat memicu terjadinya perubahan warna kulit  serta menyebabkan kerusakan sel kulit.

kulit wajah menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan kotoran, meskipun berada di dalam ruangan seharian. Sehingga sangat gampang munculnya flek hitam di kulit.

  • Genetik / Keturunan

Penyebab flek hitam juga disebabkan karena faktor keturunan, seseorang memiliki riwayat genetik karena sistem hormon yang terlalu berlebih memproduksi melanin dalam tubuh.

Biasanya terjadi pada genetik yang memiliki warna kulit lebih putih dan memiliki warna rambut kecoklatan.

  • Faktor Usia

Usia merupakan salah satu penyebab flek hitam di wajah. Seseorang yang sudah berusia di atas 40 tahun  akan lebih rentan mengalaminya. Pada usia ini, kulit wajah akan kehilangan elastisitasnya.

Kondisi ini membuat kulit lebih rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel kulit yang rusak. Flek hitam yang muncul karena usia disebut lentigo. Lakukan pencegahan dengan menggunakan krim anti penuaan sejak usia tiga puluhan agar elastisitas kulit terjaga.

 

Berikut cara mengatasi flek hitam

  1.  Tindakan Lazer

Perawatan ini berfokus pada masalah kerusakan kulit dengan menggunakan sinar laser. Tidak hanya aman, perawatan laser memiliki risiko luka pasca perawatan lebih rendah.

Walau begitu, perawatan laser tetap menimbulkan efek samping ringan seperti gatal-gatal, pembengkakan, hingga infeksi. dan pastinya harus menyiapkan anggaran yang cukup mahal.

2. Cryosurgery

Berbeda dengan perawatan laser, perawatan pasca cryosurgery memakan waktu lebih lama. Prosedur medis ini aman dilakukan, namun dapat menyebabkan hypopigmentasi, pendarahan hingga menimbulkan rasa panas.

3. Menggunakan Cream perawatan Wajah yang mengandung bahan bahan yang bisa mengatasi flek hitam

Mengobati flek hitam pastinya bisa dengan perawatan rutin setiap hari dengan menggunakan cream wajah yang mengandung bahan yang mampu mengatasi flek hitam, seperti  contoh niacinamde, arbutin dan lain-lain, oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam satu produk perawatan kulit sebelum menggunakan.

Pastinya sistem ini akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasil. Karena melalui proses alami dan tidak menimbulkan rasa sakit seperti yang dialami saat mengatasi flek dengan sistem laser.

4. Rutin menggunakan Sunscreen

Cara menghilangkan flek hitam dengan sunscreen mungkin tidak terlalu efektif, karena sunscreen hanya mampu mencegah kemunculan flek hitam baru. Walau begitu, penggunaan sunscreen cukup penting, seperti mencegah kemunculan flek hitam baru, melindungi kulit wajah dari sinar UV dan menjaga kesehatan kulit wajah.

Untuk hasil yang efektif, sangat disarankan menggunakan sunscreen dengan SPF 30  dan mengenakannya 15 menit sebelum keluar ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.