Masyarakat Ciamis Utara Gelar Audeinsi Terkait Penundaan Pilkades

by -72 views

Bertempat di ruang rapat Asisten Setda Kabupaten Ciamis, kegiatan audiensi dari perwakilan masyarakat Ciamis Utara (Panumbangan, Panjalu, Sukamantri, Lumbung, Kawali, Jatinegara) terkait dengan adanya penundaan Pilkades serentak di Kabupaten Ciamis tahun 2020 dengan Asda 1 IKA DARMA ISWARA dan Kabag Penum HENDRA, Jum’at 14 Agustus 2020.

Dalam audensi tersebut, perwakilan masyarakat mempertanyakan alasan Pemkab Ciamis melanjutkan tahapan Pilkades sebelum dilaksanakan upaya konsultasi dengan pihak Kemendagri.

Adapun kehadiran perwakilan Masyarakat Kabupaten Ciamis, terutama para calon Kades untuk mendorong dan mendukung semua upaya atau langkah Pemda Ciamis. Namun sampai dengan saat ini Pancalakdes belum menerima surat keputusan dari Bupati Ciamis terkait adanya penundaan tahapan Pilkades, sehingga membingungkan panitia Pilkades dilapangan karena panitia perpedoman kepada Surat Keputusan dari Bupati Ciamis.

Ika Darma Iswara selaku Asda 1 Bidang Pemerintahan mengatakan, “Beberapa alasan untuk dilanjutkan diantaranya hasil rapat Forkompinda Ciamis dan adanya aksi demonstrasi dari para calon Kepala Desa, meskipun dalam aturan kewenangan Pilkades yang bertanggung jawab adalah Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

“Bupati Ciamis sudah berjuang untuk mendapatkan titik temu dengan Mendatangi Kementerian Dalam Negeri dan menyampaikan alasan dan kondisi di daerah namun tidak menemui hasil yang maksimal, dengan jawaban Pilkades tetap di tunda sehingga Pemkab Ciamis tidak mau mengambil resiko dan membuat surat penundaan tahapan Pilkades,” lanjutnya.

“Pemkab Ciamis sedang berupaya untuk tetap berupaya melaksanakan Pilkades serentak paling tidak di akhir Bulan ini,” tukasnya.

“Berkaitan dengan belum adanya surat keputusan Bupati terkait dengan penundaan tahapan Pilkades karena Pemerintah sedang berupaya agar Pilkades tetap dilaksanakan dengan meminta Dispensasi agar Pilkades Ciamis tetap dilaksanakan,” tandasnya.

Kontributor Ciamis

Leave a Reply

Your email address will not be published.